TUGAS ETIKA BISNIS KE-3

TUGAS ETIKA BISNIS

 

MEMBANDINGKAN DAN MENGANALISA DUA IKLAN YANG SEJENIS BERDASARKAN ETIKA IKLAN

 

 

logo narotama

 

 

 

OLEH :

 

WIGITA MELYANTI      01112006

 

Dosen Pembimbing :

Hj. I.G.A atju nitya dharmani

 

UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA

TAHUN 2014

TUGAS ETIKA IKLAN

MEMBANDINGKAN DUA IKLAN YANG SEJENIS

Pada kasus berikut saya mengambil iklan mengenai produk gadget yaitu penjualan handphone. Dari kedua iklan sendiri tersebut terletak di tempat yang strategis. Akan tetapi penempatan iklannya lebih strategis untuk Iklan Samsung deket dengan Lampu Merah manyar samsat. Dimana orang akan mudah membacanya karena untuk menghilangkan rasa bosan menunggu Lampu Hijau untuk melanjutkan perjalananya. Sedangkan letak ilkan sony ericsson terletak di tempat yang tidak menjadi pemberhentian orang, hanya iklan tersebut lebih tinggi dari iklan yang lain jadi lebih terlihat jelas walaupun dari kejauhan dan ukurannya lebih besar.

Iklan yang saya ambil adalah iklan handphone dimana ini merupakan iklan yang bersifat Persuasif. Yaitu iklan tentang produk yang ada banyak mereknya akan memiliki unsur persuasif yang lebih menonjol,

Iklan adalah pesan singkat yang sifatnya membujuk/mendorong orang untuk melihat iklan tersebut karena pesan yang disampaikan secara singkat dengan menggunakan kata-kata ataupun tulisan yang menarik untuk dibaca/dilihat dan akhirnya pun khalayak akan tergiur untuk membaca barang/jasa yang diiklan kan itu. Apalagi ditambah dengan grafis-grafis yang bagus,unik,dan eye-catching bisa menjadi nilai plus untuk sebuah iklan itu sendiri.

IMG00040-20141225-1719

 

Analisis Iklan Samsung Galaxy V

Sumber foto : Lokasi Lampu Merah Samsat Manyar

Penggunaan Bahasa Dalam Iklan

  1. Dalam bentuk ukuran iklan reklame pada Samsung ini lebih besar di bandingkan dengan yang lain, namun untuk Samsung ini tertutup oleh pohon di depannya sehingga dapat menganggu jarak pandang pegguna jalan di sela-sela mereka menunggu lampu hijau. Meski dalam gambar beberapa ornament membuat masyarakat tertarik pada iklan reklame tersebut Sesuai dengan pengertian iklan yaitu Segala bentuk pesan yang disampaikan oleh suatu media yang dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat (PPPI). Sehingga iklan tersebut dibuat sesimpel mungkin untuk menghemat biaya atau sesuai dengan budget dari perusahaan.
  2. Bahasa yang digunakan adalah Inggris akan tetapi kata “BENERAN ”, untuk dalam segi bahasa, yang dapat artikan disini adalah membuat orang tertarik dan membuktikannya untuk menjadi nyata. Namun untuk tulisan yang lain yang tidak terlihat membuat orang tidak mengerti apa arti kata “beneran” tersebut dan membuat orang tidak mengerti arti ajakan iklan yang seseugguhnya. Seharusnya dalam sisi iklan tersebut di baik menutupi dan tidak di buat secara besar tulisannya agar orang dapat melihat secara jelas arti ajakan tersebut Atau memang dibuat seperti itu iklannya karena segmentasi dari pemasarannya adalah orang menengah keatas atau kalangan orang-orang senang dengan fasilitas gadget. Sehingga mungkin akan membuat orang lebih tertarik dan menunjukkan handphone yang dapat dijangkau namun berkwalitas tinggi.

 

  1. Informasi tentang harga dan fasilitas yang ditawarkan tercantum dalam iklan Samsung tersebut, dan iklan tersebut di tulis hanya “1.199.999”. Di mana diiklan ini menjelaskan bahwa dengan nominal yang minim dapat bisa membeli handphone setara dengan galaxy note dan Samsung galaxy pada umumnya yang di atas galaxy V ini tidak terkecuali adalah fasilitas dan penggunaannya hal yang sama.

 

 

IMG_20150106_201143

 

 

ANALISIS IKLAN SONY ERICSOON

Sumber Foto : Di air mancur bundaran jalan pemuda menuju sudirman

Iklan sony ericsoon merupakan Iklan yang bersifat persuasive dimana iklan tersebut berusaha mempersuasif khalayak untuk membeli Handphone dengan cara menginformasikan keistimewaan yang dimiliki produk ini.

Dilihat dari bahasa yang digunakan iklan Sony ericsoon kurng jelas untuk masalah harga karena sony ericsoon tersebut tidak menampilkan harga untuk handphone tersebut melainkan hanya menampilan ecanggihan pada handphone tersebut. Dan untuk lokasi yang pada iklan tersebut menurut saya kurang sangat strategis karena meski banyak pengendara yang melewati jalan tersebut sangat minim untuk pengendara melihat keatas meski iklan tersebut sangat besar dan lebar. Dan untuk bahasa sendiri yang digunakan untuk iklan adalah bahasa inggris yang mungkin sedikit banyak yang mengetahui tentang arti kata tersebut, seharusnya pada di tengah kota tersebut digunakan bahasa yang sesaui dengan kita dan keseharian kita agar dapat lebih mudah orang mengingat handphone tersebut pada iklan reklame yang da di jalan pemuda itu. Pada type handphone ini yang ada sony ericsoon z3 yang keluaran terbaru sehingga kecanggihan yang ada di iklan yang lebih di tonjolan dari pada harga yang lumayan untuk kalangan atas.

Alangka lebih baik bila di tempatkan di depan lampu merah agak jauh sedikit tetapi letaknya cukup tinggi mungkin akan lebih menarik lagi.

Untuk gambar dan kata-kata pada iklan tersebut kurang sangat membuat tertarik pada orang dan masyarakat yang melintas walau pada iklan reklame tersebut berkapasitas yang sangat besar.

 

 

Kesimpulan :

Dari kedua iklan di atas dapat simpulkan dan perbedaan dari kedua iklan tersebut adalah, Samsung memiliki lokasi yang sangat strategis di lampu merah manyar samsat sedangkan untuk sony ericsoon di bundaran air mancur jalan pemuda arah ke sudirman meski demikan sony ericsoon berada di tengah kota dan Samsung berada pada pinggir kota.

Dari segi bahasa kedua iklan reklame tersebut mempunyai perbedaan yang fantastis karena untuk yang Samsung memakai bahasa Indonesia yang lebih mudah di mengerti, sedangkan untuk sony ericsoon memakai bahasa inggris yang sukar untuk dimengerti meski demikan pilihan sony ericsoon memakai bahasa inggris karena cocok berada di tengah kota sedangkan untuk Samsung lebih sederhana dari pada sony ericsoon.

Dari segi harga Samsung dan sony ericsoon sangatlah beda jauh karena Samsung mempunyai harga di bawah 1,5jt rupiah sedengakan untuk sony berkisar di atas 3 juta untuk produk barunya tersebut. Kelebihan dari masing-masing handphone sangat beragam namun untuk Samsung dan sony in berbeda sangat jauh karena sony bisa nyala pada air sedangkan untuk Samsung tidak dapat bertahan lama dalam air (rusak).

 

Leave a Reply